Search

kapitaselekta
RSS

SIMBOL DAN ARSITEKTUR (1)




SIMBOL DAN ARSITEKTUR (1)

Dosen: Eduard Tjahjadi

Symbol :

Etymology:

symbolum (Latin)

symbolonσύμβολον (Greek )

objek, gambar, tulisan, suara, atau tanda tertentu yang mewakili sesuatu yang lain oleh asosiasi, kemiripan, atau konvensi

Symbol :

merupakan salah satu cara manusia mengekspresikan sesuatu yang telah berlangsung disemua kebudayaan sepanjang waktu

mencerminkan intelektualitas, emosi dan spririt manusia

memungkinkan terjadinya sebagian be

sar hubungan komunikasi manusia dalam bentuk tertulis maupun verbal, gambar ataupun isyarat

merupakan bahasa universal lintas budaya dan zaman

David Fontana, The Secreat Language of Symbols, A Visual Key to Symbols and Their Meanings. Chronicle Books, San Francisco, 1994

Arsitektur

Architectura – Latin

arkitekton, ρχιτεκτονική – arkhitektonike – Greek

artinya :

kepala atau pemimpin dan pembangun atau tukang kayu (Τεκτονική)

adalah :

seni dan ilmu merancang bangunan dan struktur fisik lainnya

Arsitektur, dalam definisi yang lebih luas :

meliputi semua kegiatan desain :

dari level mikro (desain bangunan atau bangun-bangunan, kompleks bangunan, desain furnitur)

ke tingkat makro (desain perkotaan: kawasan, bagian kota, arsitektur lansekap)

saat ini, arsitektur dapat merujuk kepada aktivitas merancang sistem apapun dan sering digunakan dalam dunia TI





Karya arsitektur sering dianggap sebagai :
  • karya seni
  • simbol politik dan budaya

Sejarah peradaban manusia sering diidentikkan dengan karya arsitektur yang masih ada sebagai bagian perjalanan peradaban manusia itu sendiri





kenapa tetap dipertahankan??

karena merupakan cerminan kebudayaan manusia, selain sebagai objek wisata tentunya, serta sebagai simbol perjalanan sejarah peradaban manusia di masing-masing tempat (simbol jejak perjalanan).

Karya arsitektur tidakhanya mencerminkan fungsinya tetapi juga mencerminkan nilainya.

contoh: kursi pelaminan -- lebih tinggi dan banyak ukirannya (menandakan nilai dari pasangan pengantin tersebut).

Arsitektur lahir dari dinamika antara :

kebutuhan (tempat tinggal, keamanan, ibadah, dll) ><>

Arsitektur sebagai tanda atau komunikasi

Uraian sederhana berikut preseden, diharapkan dapat membantu memperjelas kualitas penting arsitektur sebagai tanda atau komunikasi.

Vitruvius, arsitek Roma pada awal abad ke-1 Masehi berpendapat, bangunan yang baik harus memenuhi tiga prinsip (De architectura) :

firmitatis - utilitatis - venustatis

daya tahan - berdiri kokoh dan tetap dalam kondisi baik

utility - bermanfaat dan berfungsi dengan baik bagi orang-orang yang menggunakannya

keindahan - menyenangkan orang dan meningkatkan semangat mereka

dalam banyak peradaban kuno, arsitektur dan urbanisme mencerminkan keterlibatan konstan dengan yang ilahi dan supernatural

Budaya tradisional melibatkan faktor-faktor yang bersifat :

fisik

nonfisik :

khususnya bersifat simbolik

Simbol-simbol digunakan untuk mengkomunikasikan makna susunan tertentu


CINA

Kota Terlarang (the Forbidden City)

di Bejing

- Zǐjinchéng

The Forbidden City adalah pusat kekuasaan politik atau kekaisaran di China sampai tahun 1911.


· Istana Kaisar dinasti Ming dan Qing

dibangun pada tahun 1407 oleh dinasti Kaisar Ming ke III (1368-1644)

· merupakan tempat kediaman Kaisar dinasti Qing lainnya (1644-1911)

· bangunan yang mencerminkan seni bangunan klasik Cina dan arsitektur feodal.

· kompleks Kota Terlarang sejak 1987 menjadi karya arsitektur yang dilindungi oleh UNESCO



KRATON NGAYOGYAKARTA HADININGGRAT

pusat yang secara simbolis menyatu dengan lingkungannya dan menghubungkan secara vertikal

  • mikrokokosmos (yang tampak) -- yang tertinggi dari rakyatnya.
  • makrokosmos (yang tidak tampak) -- yang berhubungan dengan hal-hal diluar fisik.



Keraton Jogya

Simbolisme di dalam penataan kota Yogyakarta

Keraton didampingi oleh :

dua alun-alun

sebuah menara (tugu) di utara

sebuah panggung Krapyak diselatan

sebagai gabungan kehidupan mikrokosmos dengan kehidupan makrokosmos



CANDI BOROBUDUR

Candi ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an masehi.

Struktur Candi Borobudur

berbentuk punden berundak, yang terdiri dari:

  • enam tingkat berbentuk bujur sangkar
  • tiga tingkat berbentuk bundar melingkar
  • sebuah stupa utama sebagai puncaknya. Dan beberapa stupa tersebar di semua tingkat-tingkatannya

sepuluh tingkat menggambarkan secara jelas filsafat mazhab Mahayana, yakni menggambarkan sepuluh tingkatan Bodhisattva yang harus dilalui untuk mencapai kesempurnaan menjadi Buddha.


Bagian kaki Borobudur melambangkan Kamadhatu, yaitu dunia yang masih dikuasai oleh kama atau "nafsu rendah".

Empat lantai dengan dinding berelief di atasnya oleh para ahli dinamakan Rupadhatu, yang mempresentasi dunia yang sudah dapat membebaskan diri dari nafsu, tetapi masih terikat oleh rupa dan bentuk.

Tingkatan ini melambangkan alam antara yakni, antara alam bawah dan alam atas.

Pada bagian Rupadhatu ini patung-patung Buddha terdapat pada ceruk-ceruk dinding di atas ballustrade atau selasar.

mulai lantai kelima hingga ketujuh dindingnya tidak berelief. Tingkatan ini dinamakan Arupadhatu (yang berarti tidak berupa atau tidak berwujud).

Denah lantai berbentuk lingkaran.

Tingkatan ini melambangkan alam atas, di mana manusia sudah bebas dari segala keinginan dan ikatan bentuk dan rupa, namun belum mencapai nirwana.

Patung-patung Buddha ditempatkan di dalam stupa yang ditutup berlubang-lubang seperti dalam kurungan. Dari luar patung-patung itu masih tampak samar-samar.

Tingkatan tertinggi yang menggambarkan ketiadaan wujud dilambangkan berupa stupa yang terbesar dan tertinggi.

Stupa digambarkan polos tanpa lubang-lubang.

Di dalam stupa terbesar ini pernah ditemukan patung Buddha yang tidak sempurna atau disebut juga unfinished Buddha


Susunan Kota

contoh dari Afrika Utara:

Kairo, Mesir

sistem jaringan disusun secara organis


kota-kota di Timur Tengah tidak beraturan karena terbentuk dari kelompok-kelompok kecil yang tumbuh sesuai dengan kebutuhan mereka, tidak terencana dan belum didukung kemajuan teknologi.



Kota-kota di Timur Tengah mempunyai suatu struktur yang bertentangan dengan bentuk-bentuk kota di Amerika Serikat

Organisasi kota-kota Muslim dan Yahudi lebih :

membatasi dan mengendalikan perilaku, dengan cara membatasi mobilitas, daripada meningkatkan pergerakan dan perhubungan lalu lintas

Kota-kotanya memiliki sejumlah besar distrik yang spesifik dalam hal etnik, religius, ataupun fungsi


Amerika Utara

contoh dari Amerika Utara:

Washington, Amerika Serikat.

sistem jaringan ini disusun secara teknis (beraturan)

nilai tertinggi ditempatkan pada mobilitas dan fieksibilitas

Amos Rapoport,



  • Simbol dan Arsitektur

Karya arsitektur sebagai simbol

kekuasaan

politik

kebangkitan/kejayaan kebangsaan

ekonomi

demokrasi

kemajuan teknologi

sustainability approach




Arsitektur Palace of Versailles memberikan suatu jarak untuk sampai ke istananya. Trik ini digunakan untuk memberikan simbol kekuasaan.




gerbang kemenangan (Arc de triomphe) menghormati mereka yang berjuang untuk Perancis, terutama selama Perang Napoleon.

di bagian dalam dan bagian atas busur ada semua nama-nama jenderal dan nama perang yang terjadi

Monumen itu dirancang oleh Jean Chalgrin pada tahun 1806


Pawai kemenangan terkenal masa lalu atau di bawah Arc :

Jerman pada tahun 1871

Perancis pada tahun 1918

Jerman pada tahun 1940

Perancis dan Sekutu pada tahun 1944 dan 1945




Di atas gerbang adalah Quadriga, sebuah kereta yang ditarik oleh empat ekor kuda didorong oleh Victoria, dewi Romawi kemenangan

Desain Gerbang didasarkan pada Propylaea, pintu gerbang Acropolis di Athena, Yunani dan konsisten dengan sejarah Berlin klasisisme arsitektur (pertama, Baroque, dan kemudian neo-Palladian).

Gerbang pertama "Athena di atas Sungai Spree" oleh arsitek Gotthard Carl von Langhans.

Quadriga ibukota itu diukir oleh Johann Gottfried Schadow


1806

Prusia kalah pertempuran Jena-Auerstedt

Quadriga dibawa Napoleon ke Paris

1814

Napoleon kalah di Prusia dan pendudukan Paris oleh Jenderal Ernst von Pfuel

Quadriga dikembalikan ke Berlin, dilengkapi dengan simbol baru kekuasaan Prusia, Iron Cross

Gerbang tengah boleh dilewati hanya oleh keluarga kerajaan, serta anggota keluarga Pfuel (1814-1919).



JAKARTA

Arsitektur di Jakarta, antara lain:




RUNTUHNYA KEJAYAAN

karya-karya Arsitektur tetap dipertahankan sebagai simbol dari runtuhnya kejayaan suatu kekuasaan pada masanya, seperti yang terdapat di bawah ini:


Kaiser William Memorial Church (Kaiser-Wilhelm-Gedächtniskirche), Berlin dibangun 1890

rusak parah akibat bom udara pada PD II, tetap dipertahankan sebagai simbol untuk mengingatkan kita atas kekejaman yang dilakukan manusia yaitu perang.

untuk itu, bangunan ini tetap dipertahankan dan kemudian dibangun sebuah gereja disisinya tetapi dalam bentuk yang lebih sederhana, agar perhatian orang tetap terarah kepada Kaiser William Memorial Church (Kaiser-Wilhelm-Gedächtniskirche).

Bom atom yang jatuh di Nagasaki dan Hirosima (6 dan 7 Agustus 1945) di Jepang merupakan suatu bukti kekejaman manusia. Bom tersebut telah membumi hanguskan dua kota tersebut.


Di kota Hiroshima, terdapat satu bangunan yang tetap bertahan akibat bom atom yang dijatuhkan tentara sekutu. bangunan ini sampai sekarang tetap dipertahanan sebagai monumen untuk memperingati jatuhnya bom tersebut dan dikenal dengan nama The A-Bomb Dome, Hiroshima. Sedangkan di Nagasaki terdapat titik sentral jatuhnya bom atom tersebut, dan kemudian diabadikan oleh pemerintah Jepang -- Nagasaki Hypocentre.


selanjutnya, Jewish Museum, Berlin, merupakan salah satu karya arsitektur yang dibangun untuk mengingatkan kita akan kekejaman masa pemerintahan Hitler.


Bentuk bangunan yang tidak biasa (diambil dari bentuk Star of David), bentuk dinding yang adalah pilar-pilar tanpa atap menandakan bahwa penduduk Yunani waktu itu sangat terkungkung. Tubuh mereka berada di dalam bangunan sedangkan mereka tetap dapat melihat ke luar yang disimbolkan oleh jendela-jendela di musium ini.

Selain itu, tangga yang berakhir pada tembok, dapat kita asumsikan sebagai tanpa jalan keluar dan tidak adanya kebebasan.




oleh:
Yoretta Yang Wahyudi


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar