SIMBOL DAN ARSITEKTUR (1)
Dosen: Eduard Tjahjadi
Symbol :
Etymology:
• symbolum (Latin)
• symbolon – σύμβολον (Greek )
objek, gambar, tulisan, suara, atau tanda tertentu yang mewakili sesuatu yang lain oleh asosiasi, kemiripan, atau konvensi
Symbol :
• merupakan salah satu cara manusia mengekspresikan sesuatu yang telah berlangsung disemua kebudayaan sepanjang waktu
• mencerminkan intelektualitas, emosi dan spririt manusia
• memungkinkan terjadinya sebagian be
sar hubungan komunikasi manusia dalam bentuk tertulis maupun verbal, gambar ataupun isyarat
• merupakan bahasa universal lintas budaya dan zaman
David Fontana, The Secreat Language of Symbols, A Visual Key to Symbols and Their Meanings. Chronicle Books, San Francisco, 1994
Arsitektur
• Architectura – Latin
• arkitekton, ὰρχιτεκτονική – arkhitektonike – Greek
artinya :
kepala atau pemimpin dan pembangun atau tukang kayu (Τεκτονική)
adalah :
seni dan ilmu merancang bangunan dan struktur fisik lainnya
Arsitektur, dalam definisi yang lebih luas :
meliputi semua kegiatan desain :
• dari level mikro (desain bangunan atau bangun-bangunan, kompleks bangunan, desain furnitur)
• ke tingkat makro (desain perkotaan: kawasan, bagian kota, arsitektur lansekap)
saat ini, arsitektur dapat merujuk kepada aktivitas merancang sistem apapun dan sering digunakan dalam dunia TI
- karya seni
- simbol politik dan budaya
Sejarah peradaban manusia sering diidentikkan dengan karya arsitektur yang masih ada sebagai bagian perjalanan peradaban manusia itu sendiri
kenapa tetap dipertahankan??
karena merupakan cerminan kebudayaan manusia, selain sebagai objek wisata tentunya, serta sebagai simbol perjalanan sejarah peradaban manusia di masing-masing tempat (simbol jejak perjalanan).
Karya arsitektur tidakhanya mencerminkan fungsinya tetapi juga mencerminkan nilainya.
contoh: kursi pelaminan -- lebih tinggi dan banyak ukirannya (menandakan nilai dari pasangan pengantin tersebut).
Arsitektur lahir dari dinamika antara :
kebutuhan (tempat tinggal, keamanan, ibadah, dll) ><>
Arsitektur sebagai tanda atau komunikasi
Uraian sederhana berikut preseden, diharapkan dapat membantu memperjelas kualitas penting arsitektur sebagai tanda atau komunikasi.
Vitruvius, arsitek Roma pada awal abad ke-1 Masehi berpendapat, bangunan yang baik harus memenuhi tiga prinsip (De architectura) :
firmitatis - utilitatis - venustatis
• daya tahan - berdiri kokoh dan tetap dalam kondisi baik
• utility - bermanfaat dan berfungsi dengan baik bagi orang-orang yang menggunakannya
• keindahan - menyenangkan orang dan meningkatkan semangat mereka
dalam banyak peradaban kuno, arsitektur dan urbanisme mencerminkan keterlibatan konstan dengan yang ilahi dan supernatural
Budaya tradisional melibatkan faktor-faktor yang bersifat :
• fisik
• nonfisik :
• khususnya bersifat simbolik
• Simbol-simbol digunakan untuk mengkomunikasikan makna susunan tertentu
CINA
Kota Terlarang (the Forbidden City)
di Bejing
The Forbidden City adalah pusat kekuasaan politik atau kekaisaran di China sampai tahun 1911.
· Istana Kaisar dinasti Ming dan Qing
dibangun pada tahun 1407 oleh dinasti Kaisar Ming ke III (1368-1644)
· merupakan tempat kediaman Kaisar dinasti Qing lainnya (1644-1911)
· bangunan yang mencerminkan seni bangunan klasik Cina dan arsitektur feodal.
· kompleks Kota Terlarang sejak 1987 menjadi karya arsitektur yang dilindungi oleh UNESCO
KRATON NGAYOGYAKARTA HADININGGRAT
pusat yang secara simbolis menyatu dengan lingkungannya dan menghubungkan secara vertikal
- mikrokokosmos (yang tampak) -- yang tertinggi dari rakyatnya.
- makrokosmos (yang tidak tampak) -- yang berhubungan dengan hal-hal diluar fisik.
Keraton Jogya
Simbolisme di dalam penataan kota Yogyakarta
Keraton didampingi oleh :
• dua alun-alun
• sebuah menara (tugu) di utara
• sebuah panggung Krapyak diselatan
• sebagai gabungan kehidupan mikrokosmos dengan kehidupan makrokosmos
CANDI BOROBUDUR
Candi ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an masehi.
Struktur Candi Borobudur
berbentuk punden berundak, yang terdiri dari:
- enam tingkat berbentuk bujur sangkar
- tiga tingkat berbentuk bundar melingkar
- sebuah stupa utama sebagai puncaknya. Dan beberapa stupa tersebar di semua tingkat-tingkatannya
sepuluh tingkat menggambarkan secara jelas filsafat mazhab Mahayana, yakni menggambarkan sepuluh tingkatan Bodhisattva yang harus dilalui untuk mencapai kesempurnaan menjadi Buddha.
Bagian kaki Borobudur melambangkan Kamadhatu, yaitu dunia yang masih dikuasai oleh kama atau "nafsu rendah".
Empat lantai dengan dinding berelief di atasnya oleh para ahli dinamakan Rupadhatu, yang mempresentasi dunia yang sudah dapat membebaskan diri dari nafsu, tetapi masih terikat oleh rupa dan bentuk.
Tingkatan ini melambangkan alam antara yakni, antara alam bawah dan alam atas.
Pada bagian Rupadhatu ini patung-patung Buddha terdapat pada ceruk-ceruk dinding di atas ballustrade atau selasar.
mulai lantai kelima hingga ketujuh dindingnya tidak berelief. Tingkatan ini dinamakan Arupadhatu (yang berarti tidak berupa atau tidak berwujud).
Denah lantai berbentuk lingkaran.
Tingkatan ini melambangkan alam atas, di mana manusia sudah bebas dari segala keinginan dan ikatan bentuk dan rupa, namun belum mencapai nirwana.
Patung-patung Buddha ditempatkan di dalam stupa yang ditutup berlubang-lubang seperti dalam kurungan. Dari luar patung-patung itu masih tampak samar-samar.
Tingkatan tertinggi yang menggambarkan ketiadaan wujud dilambangkan berupa stupa yang terbesar dan tertinggi.
Stupa digambarkan polos tanpa lubang-lubang.
Di dalam stupa terbesar ini pernah ditemukan patung Buddha yang tidak sempurna atau disebut juga unfinished Buddha
Susunan Kota
contoh dari Afrika Utara:
Kairo, Mesir
• sistem jaringan disusun secara organis
Kota-kota di Timur Tengah mempunyai suatu struktur yang bertentangan dengan bentuk-bentuk kota di Amerika Serikat
Organisasi kota-kota Muslim dan Yahudi lebih :
• membatasi dan mengendalikan perilaku, dengan cara membatasi mobilitas, daripada meningkatkan pergerakan dan perhubungan lalu lintas
• Kota-kotanya memiliki sejumlah besar distrik yang spesifik dalam hal etnik, religius, ataupun fungsi
contoh dari Amerika Utara:
Washington, Amerika Serikat.
• sistem jaringan ini disusun secara teknis (beraturan)
• nilai tertinggi ditempatkan pada mobilitas dan fieksibilitas
Amos Rapoport,
Simbol dan Arsitektur
Karya arsitektur sebagai simbol
• kekuasaan
− politik
− kebangkitan/kejayaan kebangsaan
− ekonomi
• demokrasi
• kemajuan teknologi
• sustainability approach